Wajah-wajah penghujung 2007

01/01/08
Mereka yang punya kuasa

Aku punya Uang
Aku mengendalikan ruang
Aku ingin senang!

Pesan semua makanan yang bikin kenyang!
Sewa sebuah hotel berbintang!
Menari, berpesta, sampai meriang!!

Mereka yang punya Keluarga

Aku punya semangat keluarga yang membara
seperti keluarga cemara
kami ini selalu gembira

Ambil jagungnya nak, segera!
Kita bakar di atas bara
walau sederhana, tapi keluarga ini tetap gembira!!

Mereka yang punya Tuhan

Aku lebih memilih duduk berlutut
Di dalam rumah-rumah taat
bersimpuh mohn ampun atas semua dosa ringan dan berat

tengadahkan tangan mu cepat!
sudah saatnya kita bertaubat
bersujud memohon rahmat

Mereka yang punya kosong

Aku tak punya kekuasaan
tak punya keluarga yang hangat dan nyaman
tak pula merasa terlalu dekat dengan Tuhan

hanya terus berjalan di tengah rangsangan
menengadahkan tangan pada setiap bujangan dan perawan
pada bapak-bapak dan ibu-ibu bos, berharap belas kasihan

Mereka yang punya kerja

Aku masih di sini, tetap berpeluh
Tahun sekarang dan tahun baru tak berpengaruh
keduanya tak membuat penghasilanku bertumbuh

Cepat gali semua tanah di pipa bagian bawah!!
keringat tak lagi beda dengan hujan. basah!
Namun aku tetap harus menggali, sesekali menyeka peluh di wajah.

Wajah-wajah penghujung tahun 2007

Ada begitu banyak wajah
terlalu banyak untuk diamati satu-satu

Macam-macam ekspresi bertebaran di jalan-jalan
terlalu ramai untuk dimengerti satu-satu

Bertumpuk-tumpukan. Aura berkelebat di angin malam
Terlalu hebat untuk diresapi satu-satu

Wajah-wajah penghujung 2007
terekam dalam memori
tak begitu jelas, terlalu sulit untuk di teliti
terlalu jauh untuk diputar kembali....


0 komentar: